Ajang Ampok Bekasi Perkenalkan Gaya Berbalut Budaya

Pemilihan Abang Mpok kota Bekasi 2020  beberapa waktu lalu, menyisahkan  cerita menarik bagi Lilis Suryani yang  kesehariannya berjualan pakaian adat Bekasi di sebuah distro yang diberi nama Distro Blarak Semplak yang beralamat di perumahan Duren Jaya. Jln. Candi Borobudur blok B no 3 Kel. Duren jaya Kec. Bekasi Timur Kota Bekasi.  

Distro yang didirikan sejak tahun 2015 oleh Mak Lilis panggilan akrab Lilis Suryani, boleh dibilang lumayan menarik, boleh jadi karena kesadaran akan upaya melestarikan asset budaya daerah yang dimiliki atau karena memang ada peluang usaha, pada sesi ini.

Saat di konfirmasi Mak Lilis menceritakan bahwa busana yang dipakai pada ajang Ampok Bekasi 2020 adalah busana dari Distro Blarak Semplak.

Busana adat Bekasi yang biasa dikenal oleh kalangan masyarakat Bekasi disebut pakaian Pangsi. 

"Tahun ini Alhamdulillah saya kebanjiran order, panitia penyelenggara ajang Abang Mpok Bekasi mempercayakan saya menyediakan busana adat Bekasi, panitia penyelenggara memesan pakaian untuk Abang 15 stel pakaian adat resmi,  untuk empok nya 15 stel kabaya Resmi, 15 stel pakaian Abang Nandak (pangsi ) dan 15 stel pakaian empok nandak," ujar Mak Lilis sumringah.

"Ada kebanggaan tersendiri bagi saya, karna distro saya dipercaya dalam ajang bergensi di kota Bekasi, mudah-mudahan dari ajang ini saya mendapatkan keberkahan, dan distro saya makin di kenal," harap Mak Lilis.  

Selain busana, Mak Lilis juga menjual assesoris pelengkapnya, seperti songko (peci), amben (ikat pinggang), dan golok Bekasi. 

Berawal mencintai budaya dan ingin melestarikannya, melalui usaha menjual pakaian adat, semoga generasi muda Bekasi semakin mencintai budaya bekasi  ujarnya penuh harap.

Bray