Cara Menikmati Air INFUSED WATER yang Sehat dan Menyenangkan

http://4.bp.blogspot.com/-mXI8BKHZATw/U3beHSEkykI/AAAAAAAAASs/_CypWG0FZmU/s1600/Infused+Water.jpg 

Saat ini minuman infused water menjadi salah satu trend baru dalam dunia kesehatan. Banyak orang, khususnya yang ingin menjalankan gaya hidup sehat sangat menggemari minuman tersebut.

Infused wateratau air infus sebenarnya adalah air puƟh biasa yang ke dalamnya dimasukkan potongan
buah-buahan segar atau beberapa jenis herbal. Air beri-si rendaman buat-buahan tersebut kemudian dibiarkan selama beberapa jam dalam suhu rendah. Proses terse-but akan menghasilkan air puƟh yang memiliki rasa dan aroma buah-buahan. Sehingga saatmemi numnya kita akan merasakan aroma dan rasa buah yang segar.

Menurut Prof. Dr. Ir. Euis SunarƟ, Guru Besar De-partemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas
Ekologi Manusia, IPB, infused watermuncul dari hasil kreasi orang-orang yang punya masalah dengan air puƟh. Yaitu mereka yang kurang suka minum air puƟh karena rasanya yang tawar atau Ɵdak berasa. Biasanya orang-orang ini lebih suka minum kopi, teh, minuman bersoda ataupun minuman lainnya yang banyak me-ngandung gula. Dari sisi kandungan gizi bisa dikatakan infused wa-terakan memberi dua keuntungan sekaligus bagi orang yang mengkonsumsinya. Tak hanya memberikan man-faat air, seperƟmenghilangkan dahaga dan membuat tubuh lebih segar dan bugar, infused waterjuga akan mem berikan khasiat dari buah-buahan atau bahan herbal yang dimasukkan ke dalamnya. Selama peren-daman, vitamin, mineral dan serat dari buah-buahan atau herbal tersebut akan keluar dan larut dalam air.
Bahkan menurut guru besar yang meraih gelar doktor dari departemen Gizi Masyarakat InsƟtut Pertanian Bo-gor ini, zat anƟoksidan juga bisa didapat dari air infus tersebut. “Misalnya kalo buah yang digunakan dalam infused wateradalah jeruk. Jeruk kan banyak mengan-dung vitamin C, yang merupakan anƟoksidan. Maka dengan minum infused water, tubuh juga mendapat asupan vitamin C dan anƟoksidan”, ujar Prof. Euis. Mereka yang sering mengkonsumsi infused water ini merasakan manfaat dari minuman tersebut. Oly Arsyad (41), salah satunya. Ia mengaku sudah meng-konsumsi minuman infused waterselama hampir 2 ta-hun. Info tentang infused waterdiperoleh dari teman-temannya. Merasa tertarik ibu 2 anak ini pun mencoba membuatnya. “Rasanya enak, Ɵdak monoton seperƟair puƟh biasa”, ujarnya. Lemon, jeruk, apel, keƟmun dan daun mint adalah bahan-bahan yang biasa digu-nakannya untuk membuat infused water. Hampir se-Ɵap hari ia membuat sendiri infused water, Biasanya selalu dibawanya saat bekerja, kecuali bila sedang tugas keluar kota. Sejak rajin mengkonsumsi minuman terse-but ia merasa pencernaannya jadi lebih sehat. “Buang air jadi lebih lancar”, jelas perempuan yang bekerja di salah satu LSM internasional di Jakarta itu. Demikian pula dengan Ir. Yuki (35 th), karyawan se-buah perusahaan listrik asal Perancis di Jakarta ini su-dah mengkonsumsi infused water sejak 4 bulan lalu. Se-benarnya Yuki Ɵdak bermasalah dengan air puƟh, tapi ia sangat suka minum minuman bersoda. Istrinya yang mengkhawaƟrkan kesehatannya jika terlalu banyak mi-num-minuman bersoda kemudian membuatkannya in-fused water.Sejak itu Yuki jadi jarang minum minuman bersoda. Ia suka minum infused water karena rasanya lebih enak dan segar daripada air puƟh. Terutama setelah mendengar bahwa minuman tersebut juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Sejak minum infused water, ia merasa tubuhnya lebih segar dan pencernaan lebih baik. “Lancar buang air, juga jadi jarang pilek.
Mungkin karena ada pengaruh dari infused waterdi-tambah tetap makan makanan yang sehat”, ujarnya.
Sedikit berbeda adalah pendapat dari Drg. Sari Yu-dhanƟ( 49 tahun), pemilik klinik gigi di Bogor. Satu ta-hun lalu DhanƟsuka minum infused water. Ia mengaku tahu soal infused waterdari facebook dan hasil gogglingdi internet. Karena tertarik mendengar manfaatnya, ia pun mencobanya. ”Tertarik mencoba infused waterkarena ada sari-sari buahnya, jadi ada manfaat vitamin-nya. Tapi sebenernya kalo cari manfaat buahnya, lebih baik makan buahnya langsung,” ujarnya. Namun sejak
asisten rumah tangganya berhenƟkerja dan ia belum mendapat pengganƟnya, DhanƟberhenƟminum in-fused water. “Tidak minum infused waterlagi karena repot untuk membuatnya. Soalnya gak ada pembantu,” ujar ibu dua anak ini. Alasan lebih simple dan prakƟs, ditambah merasa Ɵdak ada perbedaan yang jelas anta-ra minum air puƟh dengan minum infused water, akhir-nya DhanƟkembali lagi minum air puƟh biasa.
Membuat infused waterini cukup mudah. Bisa di-lakukan di mana saja, baik di rumah ataupun di kan-tor. Siapkan satu atau beberapa jenis buah-buahan.
Biasanya buah-buahan yang bercita rasa asam dan manis banyak dipilih karena menghasilkan aroma dan
rasa yang lebih menyegarkan, seperƟlemon, jeruk, menƟmun, nanas, anggur, belimbing, stroberi dan se-bagainya. Selain itu juga bisa dimasukan herbal atau rempah-rempah seperƟjahe, kayu manis, daun mint, daun kemangi, serai dan lain sebagainya untuk mem-perkaya rasanya.
Pemilihan buah ataupun herbal yang akan digu-nakan untuk membuat infused water Ɵdak hanya di-dasarkan dari rasanya saja. Khasiat dari buah tersebut juga menjadi bahan perƟmbangan yang cukup penƟng.
Berikut ini beberapa contoh buah-buahan yang sering digunakan sebagi infused water. Buah-buahan jenis sitrus, seperƟlemon dan jeruk nipis, seringkali dipilih karena merupakan sumber vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan sitrus ini memang sangat cocok untuk infused
water karena konsentrasi rasanya bisa keluar dengan baik.
Cara membuatnya:Cucilah buah-buahan, atau rempah yang akan di-gunakan dengan air mengalir sampai
bersih. Kemudian potong-potong dalam ukuran kecil. Masukan potongan-potongan buah-buahan terse-but dalam wadah bersih yang bertutup. Dalam setengah liter bisa di isi dengan 10-15 potongan  Ɵpis buah.
Lalu simpan dalam lemari pendingin dan diamkan selama 3-12 jam agar sari paƟnya keluar. Setelah itu air infus siap dikonsumsi. Disarankan mengkonsumsi air infus sebelum makan agar gizinya bisa langsung diserap tubuh. Yang terpenƟng jenis minuman ini jan-gan diberi gula atau pemanis tambahan supaya tujuan mengurangi konsumsi gula bisa tercapai.
Buah-buahan yang telah dipakai untuk infused wa-terdapat digunakan sekali lagi. Caranya adalah dengan menambahkan lagi air puƟh ke dalam potongan buah lalu disimpan kembali di dalam kulkas. Dengan demiki-an Infused waterberikutnya bisa kita minum kemudi-an. Namun Infused watersebenarnya hanya diisi ulang untuk keperluan 24 jam atau selama buah-buahan di dalamnya masih segar. Karena jika sudah Ɵdak segar lagi, maka manfaat dari buah-buahannya sudah  Ɵdak ada lagi. Sedangkan jika menghendaki sekali minum, setelah airnya habis potongan buahnya bisa langsung dimakan. Jika di simpan dalam lemari pendingin, in-fused waterbisa bertahan selama 2-5 hari.
ZAIDAH DEWI